Cara Mengetahui Perbedaan Back-Link Dofollow & Nofollow
Cara Mengetahui Perbedaan Back-Link Dofollow & Nofollow.
![]() |
Ilustrasi BackLink |
Sebelum pembahasan ini lebih lanjut simak pengertian link itu sendiri, Link adalah sebuah istilah atau sederetan kata dalam sebuah halaman web (URL) yang terhubung dengan halaman lainnya baik itu menuju halaman blog yang mempunyai url yang sama serupa ataupun menuju halaman web url lainnya.
Saat sebuah website link dari sebuah halaman blog website yang lain menuju ke halaman blog website yang kita punya, website link tersebut lebih diketahui dengan nama back-link, dengan kata lain back-link bisa disebut link dari halaman website lainnya yang mengarah halaman website kita, istilah back-link juga diketahui dengan nama link masuk.
umumnya penulisan kode link adalah contohnya berikut:
<a href='contoh.com'>contoh link<a/>
atau contoh ke dua
<a href='contoh.com' rell='nofollow'>contoh link<a/>
Contoh kode tersebut merupakan contoh penulisan kode html untuk link, kode itu akan mendapatkan tulisan contoh link dengan garis bawah dan bisa kita klik, bila tulisan itu kita klik atau tekan maka akan diteruskan ke halaman contoh.com.
dua kode diatas merupakan sama ialah kode utk menjadikan sebuah website link, yang membedakan keduanya ialah dri skala kedua link tersebut, terutama dalam mata google search engine, yang warna merah merupakan sebuah link yang "dofollow" dan yang warna biru ialah link "nofollow", kode html utk link nofollow sering diikutsertakan dengan atribut rel='nofollow'.
1. yang membedakan dofollow link dan nofollow link
Perbedaan back-link dofollow dan nofollow berada pada nilai yang diberikan kepada 2 link tersebut, saat mesin pencari the search engines memahami sebuah back-link, link tersebut akan di analisa apakah link nofollow maupun dofollow, bila link tersebut termasuk sebuah back-link dofollow maka the search engines akan menilainya sebagai sebuah stage/point utk halaman yang dirujuknya, kelak bisa diakumulasi dengan back-link-back-link lainnya yang telah didapat dari halaman rujuknya tersebut, memprediksikan berapa tinggi back-link yang merujuk di dalam halaman tersebut dan muncul dari website seperti apa back-link tersebut bermula.
Sedangkan bila back-link tersebut merupakan back-link yang nofollow, maka link tersebut tidak dapat dinilai sebagai sebuah point/stage, link nofollow bukan berarti apa-apa di mata mesin pencari search engine, tapi walaupun link nofollow tdk bisa berpengaruh pada page rank ranking pada halaman, link ini tetap masih punya pengaruh dalam mendukung menaikkan trafic sebuah halaman.
Kali ini google menciptakan sebuah konsep rincian link point halaman yang amat kita kenal dengan istilah page rank (rangking halaman), hitungan nilai rangking halaman berdasakan google dimulai dari 0 hingga 10 , makin bagus point yang dicapai maka page rank yang dihasilkan akan kian besar, |makin tinggi page rank sebuah halaman, maka akan makin berkesempatan muncul pada urutan pertama SERP (Search engine result page), makin sering muncul diurutan pertama SERP maka halaman tersebut kemungkinan tinggi akan sering dikunjungi dan trafick halaman tersebut bakal makin naik.
Maka kesimpulannya dofollow link ialah link yang mempunyai nilai di mata google search engine, bisa menaikkan page rank sebuah halaman blog website, hingga mampu memberikan posisi terbaik di SERP SEARCH ENGINE POSITION
Sedangkan link nofollow ialah website link yang tdk berarti apa-apa di mata google search engines, akan tetapi link model ini masih mempunyai kegunaan untuk menambah trafik halaman juga turut berkontribusi menaikkan naturalitas back-link yang dimiliki sebuah blog website, bahkan panduan antara back-link dofollow dan nofollow yang dimiliki sebuah blog bisa memberi peningkatan rangking di hasil search engine.
2. Teknik Memahami Link dofollow dan Nofollow
Sebetulnya ada beragam cara bagaimana mengetahui sebuah link apakah nofollow atau dofollow, beberapa diantaranya adalah sebagai berikut.
a. Dengan Inspek Element (Tidak direkomendasikan dan kurang efektif).
Agar mengenal bentuk link dofollow atau nofollow dengan inspeksi elemen langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:
Tentukan sebuah link, kemudian selesksi link tersebut, kemudian klik kanan, dari menu yang nampak, Kamu tinggal pilih lalu klik menu bertulisan "lihat kode sumber text yang dipilih", lihat gambar dibawha ini.
![]() |
Ilustrasi Gambar |
<a target="_blank" href="/2016/04/cara-mendapatkan-10-dollar-dari-google-adsense.html">Cara mendapatkan 10 Dollar dari google adsense</a>
Lihat dan amati bila ada tanda rel='nofollow' atau rel='external nofollow' bertanda link itu adalah sebuah link yang nofollow, dan juga sebaliknya jika tidak ada atribut rel atau ada atribut rel='dofollow' maka dapat dipastikan link tersebut adalah link dofollow.
Untuk link di atas rupanya merupakan link dofollow karena tidak mempunyai} tanda rel='nofollow',
Langkah diatas tentu saja tidak merupakan step yang efektif, sebab mengharuskan kita untuk melakukan kondisi yang serupa utk mengetahui penjelasan link-link yang lainnya.
b. Dengan Mozila Plugin NoDoFollow (Sangat direkomendasikan).
Salah satu step yang efektif dilakukan yaitu memanfaatkan plugin internet browser, yaitu dengan menginstal plugin NODOFollow, sayangnya utk kali ini, plugin tersebut baru support bagi internet browser mozila firefox, silahkan Install pluginya di sini tersebut di browser mozila anda, cara install kamu pun sepertinya sudah tidak asing lagi bukan.
Setelah plugin itu sukses Kamu installkan pada browser mozila kamu, silahkan restart browser kamu.
Untuk mengecek link-link di dalam sebuah halaman mana yang dofollow dan mana yang nofollow, berikut caranya:
Caranya: kamu tinggal <i>klik kanan pada halaman situs/blog yang bakal diperiksa linknya, lalu pada pop-up menu yang muncul pilih menu yang bertuliskan NoDoFollow. seperti terlihat pada gambar dibawah ini:
![]() |
Ilustrasi Gambar |
![]() |
Ilustrasi gambar dofollow dan nofollow |
c. Memanfaatkan SEARCH ENGINE OPTIMIZING Quake (Recomended juga)
Cara yang ke 3 utk mengamati sebuah link dofollow atau nofollow yang terdapat pada sebuah halaman adalah dengan memakai plugin Quake bisa kamu cari disini. plugin ini support bagi sejumlah internet browser terutama Mozila Firefox dan juga Google Chrome.
Plugin ini sebetulnya merupakan tool search engine optimizing yang bisa membantu informasi lumayan lengkap, diantaranya yaitu mengindetifikasi bentuk link-link yang dimiliki oleh sebuah halaman website apakah nofollow atau dofollow.
Untuk mempergunakan Tool ini anda sendiri cukup menginstal plguin SEOQuake pada internet browser yang anda pergunakan, setelah tool ini diinstal serta aktif, anda dengan gampang akan langsung bisa mengamati jenis sebuah link pada sebuah halaman blog website.
Buka halaman website yang anda mau, lalu link-link yang berjenis nofollow akan di garis biru seperti terlihat dalam gambar berikut ini:
![]() |
Ilustrasi Nodofollow Squake |
Seperti terlihat dalam gambar diatas, utk link nofollow akan di beri garis sedangkan dofollow akan terlihat seperti link pada dasarnya.
Demikian, mudah-mudahan artikel diatas dapat menambah pengetahuan Anda mengenai, APA PERBEDAAN BACKLINK DOFOLLOW DAN NOFOLLOW. saya ucapkan terima kasih sudah membaca artikel ini