Belajar SEO ? Lima Istilah yang Mesti Anda Tahu
Waktu saya baru mulai mengenal blog, selain mempelajari metode bagaimana panduan membuat atau menulis artikel yang bagus, hal yang lain yang saya pelajari ialah mengenai SEO search enggine optimization, alasanya yaitu karena saya dapat kabar bahwa bila ingin blog website anda mudah ditampilkan pada mesin pencari maka yang mesti dipelajari adalah SEO search enggine optimization.
Saat mula-mula memulai belajar SEO, sungguh-sungguh susah, sebab ternyata ada beragam sekali istilah-istilah yang baru pertama kali didengar dan benar-benar susah dimengerti, sehingga saya perlu mencari banyak referensi cuma untuk memahami maksudnya, tiap kali saya memahami hal-hal baru yang berhubungan dengan search engine optimizing, maka saya tulis ulang di dalam sebuah artikel, dengan tujuan untuk mengingat apa yang saya pelajari mengenai search engine optimizing, dan siapa sangka tiap apa yang kita ketahui ditulis ulang, benar-benar masuk ke dalam ingatan jangka panjang dan tidak mudah lupa. dan keterampilan membuat artikel pun menjadi terasah.
![]() |
Ilustrasi Gambar SEO |
Yang sangat susah saat pertama kali memulai belajar search engine optimizing ialah memahami istilah-istilah yang sangat erat kaitannya dengan namanya search enggine optimization, oleh sebab itu, untuk anda yang baru pertama kali belajar seo dan ingin memahami seo, maka sebagai bekal awal di artikel kali ini saya bakal menyajikan artikel yang mendiskusi mengenai istilah-istilah seo hingga dapat memberi petunjuk pada anda yang tengah mempelajari seo dengan serius.
Istilah-Istilah C yang mesti anda mengerti untuk memahami SEO lebih serius
berikut adalah sebagian istilah penting yang sangat erat kaitannya dengan dunia SEO, dan wajib dipahami oleh newbie pemula, agar lebih gampang memahami tentang seo.
1. SEO (Search Enggine Optimization).
Dulu sekali saya justru tidak tahu dengan 3 hurup ini, saya cuma tau bila blog ingin muncul di mesin pencari maka yang perlu dipelajari ialah SEO, setelah berburu informasi, seo itu rupanya singkatan dari Search Enggine Optimization atau optimasi mesin pencari, jadi seo itu cara si pemilik website dalam mengoptimalkan halaman blognya dengan melibatkan faktor-faktor yang disukai mesin penacari supaya situsnya mulus ditemukan mesin pencari.
2. Optimasi SEO Onpage dan Offpage.
Jika anda baru belajar seo anda tentu akan bersinggungan dengan istilah optimasi seo onpage dan offpage, kedua kalimat ini sering dipakai, mengingat seo tidak akan lari dari 2 istilah ini. optimasi seo sanagat erat kaitannya dengan segenap upaya utk menjadikan blog dan pula artikel blog website jauh lebih mudah ditemukan di hasil search engine mesin pencari (SERP/search enggine result page).
Lantas apa itu optimasi seo onpage dan offpage?
Optimasi seo Onpage merupakan segenap upaya yang diterapkan di dalam blog website, dengan melibatkan faktor-faktor yang digemari oleh mesin pencari, seperti bagaimana merangkai artikel seo friendly, bagaimana menentukan template yang seo friendly dan lain lainnya. ada ketentuan khusus bagaimana kita melibatkan optimasi seo onpage, kita mesti mengerti faktor-faktor yang disukai oleh mesin pencari, silahkan baca Cara optimasi seo Onpage yang baik dan benar
Sedangkan optimasi seo offpage merupakan segenap cara yang diterapkan di luar blog website atau situs akan tetapi masih memberikan pengaruh kepada website itu, beberapa upaya optimasi seo offpage diantaranya ialah promosi offline maupun online, membangun back-link dan lain lainnya.
Supaya anda mampu memahami lebih detail tentang optimasi seo offpage dan onpage silahkan baca saja artikel Optimisasi SEO onpage dan offpage
3. Back-link, Internal link dan ekternal link.
Istilah berikutnya yang akan hampir sering anda dengar dan sering anda temuin saat mempelajari seo yaitu istilah back-link, intenal link dan ekternal link, apabila anda baru mengenal istilah ini jadi semestinya anda mempelajari dulu tentang apa itu link, Kalo uraikan secara simpel link itu adalah tulisan/ gambar di halaman website dan kalau diklik maka akan membuka halaman lain yang dituju. umumnya secara bawaan berbentuknya berupa tulisan/text bergaris bawah dan berwarna biru. Jika anda telah mengerti mengenai link maka anda akan jauh lebih mudah memahami, apa itu back-link, intenal link dan ekternal link, ketiga istilah tersebut masih sama-sama link akan tetapi berbeda perlakuan.
Back-link ?
Back-link sering juga dikatakan dengan inbound link (link masuk), maksudnya link yang menuju alamat url situs atau alamat halaman blog anda akan tetapi letaknya ada pada blog orang lain, kehadiran back-link untuk halaman blog website sungguh-sungguh amat penting, back-link berupa vote yang mampu mensuport blog website anda, blog website yang mempunyai back-link akan jauh lebih mudah ditemukan di mesin pencari.
Internal link ?
Internal link dikatakan jua sebagai link antara artikel pada 1 blog website yang serupa, jadi saat diklik akan menuju halaman yang lain akan tetapi masih pada blog website yang serupa, internal link kebanyakan menuju halaman artikel relevan yang terdapat di blog yang sama, tujuannya ialah utk memberi penjelasan tambahan pada pembaca dan jua utk menaikkan page view
Ekternal Link ?
Ekternal link atau sering jua dikatakan dengan outbound link yaitu link yang berada di halaman blog dan kalau diklik akan menuju halaman blog website orang lain.
Tidak jauh beda dengan internal link, jika ekternal link menuju halaman blog website orang lain sedangkan internal link menuju halaman yang sama, kegunaanya tidak jauh berlainan dengan internal link, utk memberi informasi lanjutan atau referensi yang pasti mengenai artikel yang tengah dibahas.
4. SERP
Serp sebetulnya merupakan singkatan dari Search Enggine Result Page (SERP), yaitu istilah lainnya yang mempunyai arti hasil perncarian mesin pencari. misalnya google, bing, yahoo dan mesin pencari search engine lainnya. sebagai contoh saat anda ingin mencari beberapa informasi dengan mesin pencari google and bing, jadi hasil search engine yang diinformasikan mesin pencari google and bing itu istilahnya adalah SERP.
5. Pageview vs Visitor
Sebagian blogger amatir atau newbie ada yang masih menganggap persis/sama antara page view dan visitor atau pengunjung, seperti ketika pertama kali saat mengenal istilah ini, saya menganggapnya juga serupa/sama, padahal keduanya merupakan istialah yang berlainan tetapi saling berkaitan,
Jika anda mengenal kata pageview biasanya itu berhubungan dengan total halaman blog website yang berhasil dibuka oleh pengunjung atau visitor, sedangkan visitor merupakan orang yang mengunjungi blog website anda, bila visitor waktu mengunjungi blog anda membuka sejumlah halaman blog anda, maka jumlah page view atau halaman yang dilihat jadi lebih besar dari visitor, kalau misalnya tiap visitor blog anda membaca cuma 1 halaman saja, maka kemungkinan jumlah page view akan sama dengan visitor, page view tidak mungkin lebih kecil dari visitor setidaknya jumlahnya sama.
Sebetulnya ada beragam sekali istilah-istilah yang berhubungan dengan search engine optimizing ini, akan tetapi yang saya berikan sebatas 5 saja, Untuk memahami istilah-istilah search engine optimizing sebetulnya amat mudah, kuncinya anda perlu banyak mempelajari bermacam-macam sumber, bila anda menjumpai istilah yang kurang dimengerti maka anda bisa mencari tau dengan bantuan mesin pencari google or bing, sekali baca bisa jadi akan lupa, akan tetapi kian sering berkecimpung di materi website seo maka lambat laun wawasan anda terhadap istilah search engine optimizing akan semakin melimpah.
Semoga bermanfaat.